Total Tayangan Halaman

Kamis, 01 Desember 2011

MOTIVASI


Be A Hero
Setiap orang biasanya memiliki tokoh idola, panutan atau pahlawan dalam hidupnya. Namun sesungguhnya setiap orang, termasuk anda, dapat menjadi tokoh idola, panutan atau pahlawan bagi orang lain. Yang paling dibutuhkan adalah hati yang tulus dan bersedia memberikan hal-hal yang positif bagi sesama.
Apakah anda bisa memingat siapa bintang film yang mendapatkan piala OSKAR 5 tahun yang lalu? Siapa putrid Indonesia 2 tahun yang lalu? Siapakah pemenang kontes Indonesia idol tiga musim lalu? Saya yakin banyak dari kita yang tidak bisa menjawab pertayaan-petayaan tadi. Padahal bukankah mereka yang mendapatkan piala-piala/ penghargaan-penghargaan itu adalah orang-orang yang hebar dan berprestasi. Namun, banyak dari kit yang tidak bisa mengingatnya. Tapi jika saya bertanya pada anda, sebutkan 3 orang yang berpengaruh dalam hidup anda! Maka dengan cepat anda akan menjawab pertanyaan itu. Mereka mungkin saja orang biasa yang tidak terkenal, tapi pada kenyataannya telah menjaadi hero atau pahlawan bagi anda. Dari hal yang sderhana ini dapat kita simpulkan bahwa setiap orang bisa menjadi pahlawan, baik bagi keluarga, teman, masyarakat, bahkan bagi bangsa, yaitu ketika kita memberikan dampak positif bagi sesama dan orang-orang disekeliling kita.
Seperti apakah pahlawan itu??
1.      Seorang pahlawan diukur dari donasi bukan durasi.
Jika anda tidak melakukan haal-hal yang berarti dalam hidup anda maka tidak ada artinya berapa lama usia anda di dunia ini. Yang paling penting adalah donasi (konstribusi anda dalam hidup), bukannya durasi (lamanya anda hidup). Buat apa tinggal lama di dunia ini kalau kita tidak memberikan pengaruh positif bagi keluarga dan sesama? Yang paling penting adalah seberapa pengaruh positif yang kita bagikan kepada keluarga dan sesame.
Paulus Winarto (seorang penulis dan motivator) mengatakan “ jika anda orang hebat, pernah meraih banyak prestasi spektakuler, terkenal dan  memiliki gelar begitu banyak, itu semua bagus namun semua akan sirna begitu sirna begitu anda dimakamkan. Lima tahun sepuluh tahun setelah kepergiaan anda, orang akan melupakan semua itu. Satu-satunya yang di ingat hanyalah kebaikan-kebaikan yang pernah anda lakukan untuk mereka.”
Pernahkah anda mendengar atau melihat orang yang meminta agar di batu nisannya ditulis daftar berisi segudang prestasi dan gelar-gelar yang pernah ia peroleh? Saya nyakin tidak! Prestasi, gelar, dan pencapaian dengan mudah dilupakan orang namun kebaikan akan selalu dikenang dan di ingat sepanjang masa.



2.      Seorang paahlawan akan dikenang bukan karena banyak uang yang didapatkan tapi teladan dan jejak hidup yang ditiggalkan.
Jika saya meminta anda untuk mengingat nama seorang pahlawan, maka yang akan muncul difikiran anda bukan seberapa kaya, seberapa berprestasi, seberapa tingkat kedudukannya, dst. Namun yang muncul dalam pikiran anda adalah teladan hidup yang ditinggalkan oleh pahlawan itu untuk rakyat dan generasi penerusnya.
Kita mengenal pangeran Diponegoro bukan dari gelar kepangerannya, tapi dari sikapnya yang tegas, penuh integritas, dan tidak mau kompromi dengan para penjajah. Selanjutnya kita mengenal jenderal sordirman bukan hanya sebagai petinggi militer, tapi kita akan mengingat bagaimana perjuangan soedirman dalam membela Indonesia. dalam kondisi sakit parah, beliau tetap memimpin perang demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Kebermaknaan dalam hidup bukanlah soal seberapa banyak yang kita dapatkan, tapi seberapa banyak yang kita bagikan. Bukan soal seberapa banyak uang kita, tapi seberapa kita berbagi untuk sesame agar mereka memiliki kehidupan yang lebih baik. Bukan seberapa tinggi derajat kita, tapi apakah kita sudah menjadi teladan yang baik untuk generasi ppenerus kita?
Bukaan soal pencapaian apa yang sudah kita dapatkan, tapi apakah kita membagikan rahasia pencapaian itu kepada sesama sehingga mereka juga bisa meraih sukses seperti yang kita alami.

“Selagi masih diberi kesempatan hidup oleh Yang Maha Kuasa, sebaiknya kita meninggalkan teladan yang baik untuk orang disekeliling kita. Hanya dengan cara inilah kita akan merasa bahwa hidup kita benar-benar berarti dan kaya akan warna.”

BE A HERO!!!!  

1 komentar: